Kegiatan Studi Independen

Facebook
Twitter
WhatsApp

Dalam kegiatan Studi/Proyek Independen Desa membangun ini adalah untuk membantu Pemerintah Desa Batulaya, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali  Mandar dalam penyusunan dokumen RTRW Desa dan Rencana  Masterplan, adapun tujuan lain yaitu mendapatkan pengalaman kerja tentang cara berinteraksi dengan lingkungan masyarakat. Program ini dilaksanakan dalam jangka waktu 6 bulan yaitu yakni dimulai pada tanggal 10 Februari 2023 sampai 26 juni 2023.

Pembuatan dan teknis pelaporan Studi/Proyek Independen 2022 UNSULBAR diatur sebagai berikut :

Dibuat oleh mahasiswa  Studi/Proyek Independen tanpa kecuali yang terdiri atas:

a. Obervasi Lapangan

Obervasi lapangan adalah proses yang dilakukan selama tahap penyusunan  dokumen RTRW dan Perencanaan masterplan, yang terdapatb beberapa tahap observasi yang dilakukan:

  1. Tahap awal : penentuan batas kawasan siteplan

  2. Tahap kedua: pengambilan data

  3. Tahap ketiga: pengambilan citra melalui drone

b. Penyusunan Dokumen RTRW Desa

Rencana Tata Ruang (RTR) merupakan dokumen penting dalam tahapan penataan ruang, dokumen rencana ini menunjukkan akan menjadi apa suatu daerah pada masa mendatang.Perencanaan tata ruang yang dilakukan di Desa Batulaya ditujukan dalam rangka mengatur penutupan dan penggunaan lahan, hingga evaluasi bentuk pemanfaatan ruang yang ada sesuai dengan kaidah pengaturannya.

c. Perencanaan Masterplan

Perencanaan masterplan adalah suatu gambaran atau rencana yang terstruktur dan terukur mengenai pengembangan wilayah atau kawasan tertentu, yang berisi tentang tujuan, target, strategi, program kerja, kegiatan serta sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka mencapai visi dan misi dari pengembangan tersebut. Pada tahap ini dilakukan rencana pengembangan lokasi dengan memperhatikan kondisi setempat, setalah dilakukan pengambilan data, maka tim dapat menyusun analisis dan menghasilkan konsep desain yang sesuai dengan kebutuhan.


  1. Daftar mahasiswa yang terlibat

  1. Andris Bertohir Panginan

  2. Anisa Syakira

  3. Adi Aksa

  4. Limung

  5. Mujahid

  6. Muh. Rio Hidayat

  7. Mardin

  8. Rifai

  9. Rezki Ananda

  10. Razyqah Nur Anisa

  11. Muh. Attrariq

  12. Novela Sampareta Awak

  13. Yusrialdi